Tuesday, October 04, 2005

Ramadhan tahun ini...

Beberapa jam lagi waktu Korea Selatan akan memasuki bulan Ramadhan. Ya, tahun ini merupakan ramadhan yang ke-2 buat bunda dan ramadan ke-3 buat ayah di korea. Ramadhan tahun ini juga kita diberi amanah yang tak terhingga yaitu hadirnya si kecil Ghina.

Suasana ramadhan di negeri orang apalagi muslim adalah agama minoritas, amat terasa berbeda dibanding dengan negara kita Indonesia. Untuk mengatur jadwal sahur, imsak dan buka puasa kita cukup melihat jadwal shalat di i-net. Makanan sekedarnya, yang penting ada nasi, lauk dan sayur. Sesekali bikin juga kolak dan gorengan (bakwan dll). Nggak ada syirup marjan, syirup ABC, es kelapa muda...hi..slurp...
Tapi Alhamdulillah kita tidak terlalu memikirkan itu, yang penting ibadah puasa-nya itu sendiri, InsyaAllah.

Tapi kali ini bunda belum bisa menjalankan ibadah puasa karena masih masuk masa nifas. Wah...kebayang dong nanti bayarnya (Qodho puasa) pasti banyak. Sebenarnya pertengahan puasa bunda sudah bisa mulai, tapi lihat kondisi dulu. Masalahnya Ghina masih ASI exclusive, bunda juga belum pengalaman puasa dalam kondisi ASI exclusive. Biasanya dulu Fafa dan Azka sudah masuk 6 bulan lebih, jadi minum ASI-nya agak berkurang karena udah mulai makan. Bunda sih pinginnya puasa tapi ASI-nya tetep berkualitas dan bundanya bisa tahan menyusui. Masalahnya kalo abis menyusui, badan rasanya langsung lemes. Gimana tipsnya ya : tetap berpuasa dalam kondisi menyusui. Temen2 kalo yang punya tips boleh juga tuh sharing ama bunda...

Nah, ramadhan tahun ini juga Fafa mau puasa, tapi sampai setengah hari katanya. Alasannya : "Nanti mas Fafa kan nggak kenyang2 kalau puasa". Maklum, selama ini kalau habis pulang sekolah, Fafa tuh kebiasaan makan terus, Kadang sehari bisa 5 kali makan. Apalagi kalo menunya cocok buat dia.
Tapi kalo pagi jarang sarapan nasi, biasanya cuma roti ama susu. Itu juga kalo lagi mau. Kalo lagi nggak mau ya paling roti aja atao susu aja.

Ya, ramadhan tahun ini mudah2an kita lebih mengerti dan peduli apa arti ibadah puasa yang sesungguhnya. Mohon maaf lahir dan bathin buat semuanya, mudah2an kita semua mendapat barokah dalam bulan yang suci ini. Amiin.

4 Comments:

  • Dalam hadits shahihnya Rasulullah memaklumi Ibu yg sedang menyusui, bila memang kondisi lemas setelah menyusui, sepertinya Ibu tidak harus puasa, jadi ada asupan gizi bagi ibu dan anaknya.
    Islam meringankan, bukan memberatkan, Insya Allah.

    Untuk membayarnya, bisa dengan membayar fidyah, memberi makan orang miskin dan jg menqodo puasanya di lain hari.

    Apa yg dari Ummi bisa saja salah, Allah-lah yg paling benar. Jadi cek dulu yah..hi..hi..
    Met puasa n mhn maaf lahir n bathin

    By Blogger Lili, at 9:37 PM  

  • met puasa yanis sekeluargaaa....
    mohon maaf lahir bathin juga...

    Fafa yang semangat ya belajar puasanya:)

    By Anonymous Anonymous, at 7:57 AM  

  • terimakasih buat tante rifie, tante roro..tp pagi2 mas fafa dah minta so gogi (dgg sapi), tp gak dikasih sama ayah bunda...hiks...*emang gak ada*

    makasih jg buat ummi Lili atas sarannya.

    By Anonymous Anonymous, at 9:41 AM  

  • wilujeng syaum, maaf lahir batin juga. Fafa, segala awal itu biasanya terasa lebih berat nak...kedua ketiga lebih biasa:).

    Bunda, saya dulu waktu menyusui hanya mampu 3 hari euy, saya dan bayinya tumbeng hihi. Apalagi Ghina cantik masih keciiilll pisan, jadi wayahna jangan syaum dulu.

    By Anonymous Anonymous, at 9:36 PM  

Post a Comment

<< Home