Friday, November 25, 2005

Single Mother

Setelah baca kisah temennya Ina, bunda jadi ingat sebentar lagi akan mengalami hal itu juga. Walaupun ini bukan kali pertama, tapi setidaknya tantangannya lebih berat dan lebih kompleks.

Pertama bunda jadi single mother ato single parent sekitar tahun 2001-2002, waktu itu ayah harus studi ke Swedia dan sementara bunda tinggal sementara di Indonesia, bersama Fafa selama 6 bulan, kemudian baru kita menyusul ayah. Waktu itu Fafa masih berusia 1,5 tahun.

Kedua, sekitar tahun 2003-2004, ayah harus meneruskan studinya ke korea. Kali ini sudah ada baby Azka yang berusia 6 bulan, dan sekitar 6 bulan kemudian kita dijemput ayah untuk tinggal bersama di korea.

Gimana sih perasaan menjadi single mother? terus terang berat tapi harus dijalankan. Yang menjadikan hal itu berat karena kita tidak punya partner untuk mendidik anak, mengurusi masalah rumah tangga dan lain2, yang jelas ada yang kurang dari keluarga ini. Apalagi anak2, walaupun biasanya mereka dekat dengan ibu, tapi kalau tidak ada ayahnya pasti akan terasa kurang. Dan masih banyak lagi yang tidak bisa bunda ungkapkan.

Selama bunda menjadi single mother, biasanya bunda lebih enjoy tinggal di rumah sendiri. Sebab bunda nggak mau kalo lagi sedih, keluarga tau, walopun sebenarnya bunda membutuhkan mereka. Paling nggak setiap wiken kita selalu kumpul dengan kerabat atau keluarga besar. Kadang bunda juga cari kesibukan, biar nggak terlalu berasa sendiri. Biasanya sih selama 2 kali jadi single mother, bunda buka bisnis kecil2an di rumah. Jadi ngasuh anak sambil kerja. Yah lumayan juga, di samping waktu kita jadi bermanfaat, juga ada pemasukan tambahan buat kita.

Ada pengalaman lucu dan terharu waktu menjadi single mother. Waktu itu kita bertiga (Fafa, Azka dan bunda) mau tidur, kebetulan bunda terlihat melamun, Tiba2 mas Fafa bilang gini :
" bunda, jangan sedih, ceritanya sekarang mas Fafa jadi ayah".

Air mata bunda tiba2 mengalir,bunda kaget, kok bisa anak seumur dia bisa ngomong seperti itu. Ternyata mas Fafa tau apa yg bunda rasakan. Walopun waktu itu dia masih berumur 3 tahun-an.

Ada juga peristiwa yang membuat bunda menjadi kuat sebagai single mother. Waktu itu tetangga kita ada yang meninggal, beliau meninggalkan 2 anaknya yang masih kecil. Klo nggak salah hampir sama dengan usia Fafa dan Azka waktu itu. Beberapa hari setelah kematiannya, bunda ketemu dengan istrinya di warung, dan beliau bilang : "Wah, Fafa sih enak ya ayahnya pergi tapi nanti balik lagi, tapi Fira kan ayahnya gak bakalan balik lagi". Deg! dalam hati bunda, benar apa yang dikatakan beliau, bunda ternyata diingatkan untuk bersyukur bahwa masih ada yang lebih kehilangan dibandingkan bunda.

Nah, sekarang bunda kembali akan bersiap2 menjadi single mother untuk ketiga kalinya. Kapan? tunggu cerita selanjutnya. Yang jelas kali ini bertambah lagi anggota baru ...he...Ghina dong.

7 Comments:

  • Horeeeee pertama lagihhh...

    Bun say akan tau user name dan pasword bun bun, jd tau kalo apdet..hihihi kidding buunnn..gara2 mr. Gator tea lahh...

    oh yaaa....ini kelanjutan kisah deportasi teh? euleuh2... tapi kan bun pak Ari udah mau beres yah...

    didoain kuat atuh yahhh

    *sambil mendoakan diri sendiri, tahun ke 4 kalo MB harus ke Bandung duluan, krn aku ga dapat beasiswa, menjadi single wife..(atau single mother? hihihi)

    By Blogger Ophi Nurwicaksono, at 4:51 PM  

  • moga2 kuat ya teh.. aku aja yg ketemu tiap wiken, dan tinggal sama ortu di Bandung, sering ngerasa berat. biar gimana, diskusi dan berbagi tugas sama suami, khususnya ttg masalah anak, lain rasanya dibanding berbagi dgn ortu. bukan mau ngecilin arti ortu loh, aku respek dan berterima kasih banget sama beliau berdua. tapi namanya udah nikah ya... tetep aja perlu suami, si anak juga perlu ayahnya :(

    By Anonymous Anonymous, at 4:59 PM  

  • to opi: gpp pi tau jg, ntar klo aku ngso ngeblog-nya...kamu yg ngisiin blogku ya...ha...
    pak Ari mah msh setaunan deui, tp mudah2an cepet beres, cepet kumpul.
    tahun ke 4 teh masih lama atu pi...

    to yanti : ternyata dikau jg mengalami ya yan..tp seminggu sekali ketemu.. klo bisa sih tiap hari ya...ya, begitulah rasanya..heee

    By Anonymous Anonymous, at 9:51 PM  

  • Bun jadi ceritanya dikau pulang duluan ke Indo toh? wayahna ya say...sing sabar kan sekarang malah lebih banyak wadia baladnya ada Ghina tea.

    Saya juga pernah jadi single mother waktu Raka 1,3 dan Hamil Rai, bapakna setaun ke Itali, pulang 3 minggu, pergi lagi ke USA sini dan 4 bln kemudian kami ngikut. Susah memang...sangat tepi demi masa depan dan segala kemungkinan *chrisye tea*

    By Blogger Lia, at 12:53 PM  

  • Teh Yanis nggak kebayang Dinny mah kalo jadi "single mom" teh, kalo misoa ke luar kota sehari aza, duh sok "lieur" hehehe. yang tabah nya Teh, didoakeun ku Dinny :).

    By Anonymous Anonymous, at 2:03 PM  

  • euleuh... sing sabar ya bun.. aduh, teu bisa ngebayangkeun jadi single mother, sabar & tabah ya bun..

    By Blogger Mama Zaza, at 3:06 PM  

  • Duh baca postingannya jadi kepikiran nih sama rencana kami yang tengah disusun :(
    Apa perlu nantinya kita bikin club seperate housewife...he...he... siapa tahu bisa nyaingin Desperate Housewife :)

    By Blogger indahjuli, at 6:06 PM  

Post a Comment

<< Home